Thursday, July 12, 2018

Cara Cermat Mengatur Gaji Bulanan


Kesulitan mengendalikan gaji bulanan, tidak hanya dialami segelintir orang saja. Banyak masyarakat modern kini ini, atau mungkin juga Anda mengalami kesulitan dalam mengendalikan gaji setiap bulan yang Anda terima. Tak jarang malah, Anda tak jarang kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Sistem ini bisa jadi sebab Anda tidak mengelola gaji Anda dengan bagus. Melainkan ada metode jitu bagaimana mengelola gaji bulanan Anda dengan bijak.


Apa saja?  Simak kiat Cermati berikut :

1. Buat Anggaran Bulanan

Rencanakan gaji bulanan Anda. Mulailah membikin daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua komponen. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos berprofesi, tagihan listrik, kreditan rumah, kreditan motor dan lain sebagainya. Meskipun untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja Anda. 

2. Langsung Bayar Tagihan

Ketika mendapatkan gaji, hal yang pertama Anda lakukan adalah membayar segala tagihan Anda di permulaan. Dari mulai tagihan listrik, telepon, kreditan, dan lain sebagainya. Sistem ini penting, supaya tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya lebih-lebih dahulu tentu akan membikin Anda lebih tenang untuk mengendalikan pengeluaran bulanan lainnya.

3. Sisihkan Untuk Tabungan

Jika selama ini Anda terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum Anda menerapkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Sistem ini berkhasiat, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

4. Buat Laporan Keuangan Harian

Simpanlah struk belanja yang Anda temukan setiap kali berbelanja. Catatlah segala pengeluaran Anda setiap harinya. Selain metode ini membantu Anda mengenal kemana saja uang yang digunakan selama ini, ini juga bisa membantu Anda menelaah barang-barang apa saja yang sesungguhnya tidak sepatutnya Anda beli dari gaji bulan yang akan datang.

5. Miliki Dua Atau Lebih Rekening Bank

Buatlah dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari Anda seperti, mendapatkan gaji, membayar tagihan, dan belanja. Dan untuk rekening lain bisa Anda gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal berapa persen yang sepatutnya Anda tabung dari gaji bulanan Anda. Lakukan halnya seperti keharusan yang sepatutnya Anda penuhi setiap bulannya.

6. Bijaklah Menerapkan kartu Kredit

Kartu kredit juga bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan, bila Anda bisa menerapkannya dengan cerdas. Misalkan, gunakan promo yang diberi untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan, atau bisa dialokasikan untuk membayar segala tagihan-tagihan Anda. Jangan lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit Anda dikala mendapatkan tagihan kartu kredit.

7. Investasi

Setelah Anda menyisihkan untuk tabungan dan gaji bulanan pada kebutuhan sehari-hari. Melainkan masih ada kelebihan dana dari gaji hal yang demikian. Ada bagusnya Anda menggunakan dana hal yang demikian untuk investasi dengan meniru Asuransi, Reksa Dana, ataupun membeli emas ataupun perhiasan dengan skor jual tinggi. Sistem ini berbeda dengan menabung, bila menabung Anda bisa mengambilnya setiap dikala. Di Investasi, uang yang Anda simpan dalam wujud lain dan tidak bisa Anda ambil kapanpun cocok harapan. Melakukan ini tidak hanya membikin uang Anda diam di daerah, melainkan juga bisa menguntungkan Anda di masa depan.

8. Lakukan Perbandingan

Jika perbandingan antara gaji dengan anggaran. Sistem terakhir ini sepatutnya Anda lakukan, untuk mengenal apakah pengeluaran Anda cocok dengan anggaran yang telah diciptakan, atau malah melebihi dari anggaran yang telah Anda buat. Jika yang terjadi seperti itu, telah sepatutnya Anda mengerjakan revisi terhadap anggaran hal yang demikian. Bandingkan dengan catatan pengeluaran harian Anda, untuk mengenal untuk kebutuhan apa saja Anda mengeluarkan dana yang besar.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Sistem Peredaran Darah Manusia

Tubuh manusia mempunyai cara sirkulasi darah yang berperan untuk mengalirkan gizi dan oksigen ke segala komponen tubuh. Tetapi, tidak cu...